Dosen

Untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang telah digariskan oleh manajemen, STAI Bumi Silampari melakukan rekruitmen dan job diskription atas tugas dan tanggung jawab dosen secara proporsional dan profesional.

Hal ini ditandai dengan penempatan dosen dalam mengasuh mata kuliah berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman profesional dari dosen yang bersangkutan. Untuk itu secara berurutan dapat dilihat mengenai keberadaan dosen yang ada di STAI Bumi Silampari.

 

Kualifikasi

Dosen STAI Bumi Silampari terdiri atas :

  1. Doktor
  2. Magister atau Master
  3. Sarjana yang sedang menyelesaikan program master/magister
  4. Sarjana yang memiliki keahlian khusus

 

Kriteria Dosen

  1. Dosen Tetap Yayasan (DTY), yaitu dosen yang diangkat secara tetap oleh Yayasan Bumi Silampari melalui SK Ketua Yayasan.
  2. Dosen Tidak Tetap (DTT), dosen yang direkrut oleh manajemen yang berasal dari perguruan tinggi lain dan atau dosen yang direkrut dari profesional pada lembaga pemerintah maupun swasta.

 

Kelompok Dosen

Dosen yang mengasuh mata kuliah di STAI Bumi Silampari, dikelompok ke dalam tiga kelompok yaitu :

  1. Dosen Penanggung Jawab, yaitu kelompok dosen yang memiliki tugas menyusun pokok-pokok bahasan materi kuliah, referensi, metode perkuliahan, penugasan dan sistem evaluasi tiap semester.
  2. Dosen Pendamping, adalah dosen yang bertugas menjabarkan rancangan dosen penanggung jawab dengan memformatnya dalam bentuk SAP (Satuan Acara Perkuliahan) serta mendampingi dosen penanggung jawab.
  3. Dosen Tamu, yaitu dosen yang diundang secara khusus guna meletakkan paradigma atau kerangka perkuliahan dengan memberikan dasar-dasar teori, konsep, dan metodologi keilmuan serta wawasan pemikiran kritis dalam rangka kontekstualisasi peristiwa-peristiwa empirik untuk dijadikan wacana lebih lanjut oleh dosen penanggung jawab dan dosen pendamping bersama-sama dengan mahasiswa.

 

Tugas dan Fungsi Dosen

Dalam kegiatan perkuliahan di STAI Bumi Silampari Lubuklinggau, dosen bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan dalam proses pembelajaran, penelitian dan pembimbingan. Melainkan sebagai manajer, fasilitator dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut.

Oleh karena itu dosen bertugas dan berfungsi memberikan informasi dan sumber-sumber ilmiah, mendorong mahasiswa terus membaca, meneliti dan mengnanalisis, sehingga terlahir kemandirian dalam menggali dan mengembangkan keilmuan dan keahlian yang ditekuni.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page